Entri Populer

Profil

I. PENDAHULUAN

Pengaruh perkembangan kemajuan teknologi dan informasi disegala bidang telah memberikan perubahan kepada perilaku kehidupan, termasuk didalamnya dunia Pendidikan. Dampak dari hal tersebut sangat terasa dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, dimana pemanfaatan teknologi informasi tidak lagi sebagai keperlua adminstrasi pendidikan, tetapi lebih kepada pemanfaatannya terhadap proses pendidikan.
Disisi lain, minat dan keinginan belajar khususnya tenaga pendidik masih sangat kurang, sehingga terjadi kesenjangan kemampuan siswa dan tenaga pendidik dalam memanfaatkan teknologi informasi, yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat pencapaian kualitas pembelajaran.
Berdasar hal tersebut di atas, menggugah beberapa pelaku dan pemerhati pendidikan di Kota Parepare merasa perlu untuk berhimpun kedalam suatu organisasi yang disepakati bernama Komunitas Peduli TI Pendidikan Kota Parepare (OM PETIR).
Sebagai wujud dari eksistensi organisasi tersebut, maka kami menyusun profil organisasi ini untuk menggambarkan secara sederhana namun diharapkan dapat menjadi referensi kepada semua pihak untuk mendukung dan membantu kelancaran kegiatannya.

II. TUJUAN

Tujuan dari pembentukan organisasi ini adalah untuk:
1. Wadah komunikasi para pendidik, tenaga pendidik, serta pemerhati pendidikan yang peduli dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kota Parepare.
2. Mengidentifikasi kondisi kemampuan tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan dalam menggunakan teknologi informasi.
3. Melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, baik secara formal maupun non formal
4. Bekerja sama dengan pemerintah kota Parepare, propinsi, maupun pemerintah pusat dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi pendidikan di kota Parepare.
5. Bekerja sama dengan pihak swasta baik dalam bentuk data, maupun kegiatan dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi pendidikan di kota Parepare.


III. SIFAT

Komunitas peduli teknologi informasi pendidikan ini dalam melaksanakan kegiatanya bersifat Umum, Independen, dan Non Profit.

IV. PENGURUS

Agar organisasi ini dapat bekerja secara maksimal, maka disusun sebuah komposisi pengurus sebagai berikut:
Pelindung/Penasehat : Walikota Parepare
Dewan Pembina : Drs. Mustafa Mappangara
(Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare)
: E. W. Ariyadi, ST., MT. (Pemerhati Pendidikan Kota Parepare)
: Drs. Irman, M.Pd. (Pengawas SMA Dispen Parepare)
: Makmur Notji, S.Pd., M.Pd. (Pengawas SD Dispen Parepare)
Ketua : Muh. Syukur Salman, S.Pd. (Kepala SDSN 71 Parepare)
Sekretaris : Hasrul Akbar (Guru SMPN9 Parepare)
Bendahara : Mahrani, S.Pd. (Guru SD Negeri 29 Parepare)

Bidang-bidang:
Bidang Pelatihan : Andi Rusdi, S.Pd. (Guru SMPN6 Parepare)
Sakinah Syam, S.Pd. (Guru SMPN9 Parepare)
Bidang Kerjasama : Saiful Mahsan, S.PdI. (Guru MA DDI Lilbanat)
: Rosdiana Hasan (Guru SD 67 Parepare)
Bidang Promosi , : Basri, A.Md. Kom. (Guru SMPN3 Parepare)
Humas, &Keanggotaan: Sudarmin, SE.
Bidang Riset, Penelitian: Kasbuddin, S.Kom. (Guru SMAN5 Parepare)
dan Pengembangan
Pendukung TI : Saiful (Guru SMPN10 Parepare)
: Ansar, S.Pd. (Guru SMK AMSIR 1 Parepare)
: Syarifuddin, S.Pd. (Guru SMPN5 Parepare)

V. KEANGGOTAAN

Sebagai sebuah organisasi, dalam OM PETIR ini terhimpun beberapa unsur masyarakat yang secara umum terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, serta pemerhati pendidikan di Kota Parepare. Hingga awal bulan maret 2011, jumlah anggota OM Petir berjumlah 99 orang, yang terdiri dari 14 orang anggota aktif, dan 85 orang anggota pasif. Adapun rincian data anggota terlampir pada bagian lain profil ini.

VI. KEGIATAN

Sesuai dengan tujuan pembentukan organisasi ini, maka sebagian besar kegiatan organisasi ini mengarah kepada upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan.
Adapun bentuk-bentuk dari kegiatan tersebut antara lain dengan melaksanakan diskusi interaktif melalui media internet, mengikuti dan melaksanakan pelatihan keterampilan pemanfaatan teknologi informasi, serta berbagai aktivitas yang sifatnya tidak mengikat, serta sedapat mungkin dengan biaya murah.
Adapun rencana kerja jangka pendek dari organisasi in adalah sebagai berikut:
1. Identifikasi kemampuan pemanfaatan teknologi informasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah negeri serta swasta di Kota Parepare
2. Melaksanakan pelatihan berdasarkan tingkatan kemampuan kepada tenag pendidik, dan tenaga kependidikan.
3. Melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Parepare
4. Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan seminar, pelatihan, dan perlombaan yang berhubungan dengan teknologi informasi di Kota Parepare.

VII. SUMBER DANA

Karena kegiatan ini bersifat Independen, dan non profit, maka sumber pendanaan juga berasal dari berbagai sumber yang relevan dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Adapun sumber-sumber dana yang diharapkan mendukung kegiatan organisasi ini antara lain dari: donasi pribadi atau kelompok, bantuan dan kerjasama dengan pemerintah dan swasta, dan sumber dana lainnya yang sifatnya jelas dan tidak mengikat.

VIII. PENUTUP

Demikian dapat digambarkan secar sederhana tentang keberadaan organisasi, yang semoga dapat menjadi referensi kepad semua pihak dalam upaya meningkatkan dan mengembembangkan pemanfaatan teknologi informasi khususnya di bidang pendidikan di Kota Parepare ini.

Parepare, 23 Maret 2011
Ketua,




MUH. SYUKUR SALMAN, S.Pd.

Komentar FB

 
Komunitas Peduli TI Pendidikan Parepare © 2011 - Designed by Blogger Templates Gallery in collaboration with Life2Work