Entri Populer

Ompetir Bertemu Pustekom

Kamis, 24 Maret 2011
PAREPARE - Komunitas Peduli IT Pendidikan Parepare (OMPETIR) mengadakan pelatihan nonformal tentang Pembelajaran Berbasis IT di LRC SDSN Negeri 71 Parepare.
Tidak tanggung-tanggung narasumber dari Pustekom dan Pesona Edu hadir berbagi ilmu. Meski Ompetir belum resmi dikukuhkan, namun keinginan menjadikan komunitas guru ini menjadi besar jelas terlihat. Narasumber yang tadinya ke Parepare untuk mengevaluasi pembelajaran animasi Pesona Edu, akhirnya juga menyempatkan diri bertemu dengan anggota Ompetir. Bambang dari Pustekom adalah seorang ahli di bidang pembelajaran berbasis Powerpoint yang familiar di TVE mengasuh Fisika SMP, sedangkan Wirawan familiar di siaran pendidikan TVRI. M Syukur Salman sebagai Ketua Ompetir saat ini juga berterimakasih kepada pihak Dinas Pendidikan yang turut andil menfasilitasi pelatihan nonformal tersebut.


Ompetir menyambut antusiasme Dinas Pendidikan menerapkan pembelajaran IT melalui Pesona Edu di sekolah-sekolah. Syukur juga menyatakan kesanggupan Ompetir mendukung program Dinas Pendidikan tersebut. Melalui Ompetir ini para guru dapat sharing ilmu, khususnya IT pendidikan terutama sekali pembelajaran yang menggunakan fasilitas IT, termasuk animasi, ungkapnya. Pada kesempatan itu, Bambang menyatakan kekagumannya kepada Parepare yang sangat antusias meningkatkan mutu guru. Dia juga sempat memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan yang sangat bergairah no profile demi peningkatan mutu pendidikan di kota ini. Selain itu, dia sangat mengharap Ompetir dapat semakin berkembang karena komunitas seperti ini langka. Sebagai penggagas, EW Ariady yang juga salah seorang kepala bidang di Dinas Pendidikan, menyatakan bahwa Ompetir membuka pintu kepada siapa saja yang mau bergabung demi peningkatan mutu pendidikan. Namun, dia mengingatkan kalau Ompetir tidak akan membeda-bedakan perlakuan terhadap anggotanya. "Oleh karena itu, anggota Ompetir harus menanggalkan penghormatan karena jabatan. Kita sama-sama di komunitas ini," katanya. Patut dicatat bahwa anggota Ompetir tidak hanya guru, tetapi ada juga yang telah menjadi kepala sekolah, pengawas, bahkan kepala bidang juga, senyumnya. Pertemuan yang disetting serupa pelatihan tersebut berlangsung sekitar empat jam. Materi pembuatan pembelajaran interaktif via powerpoint sangat diminati peserta. Beberapa peserta menyatakan keheranannya karena program powerpoint yang selama ini bersifat presentasi saja, ternyata dapat dibuat sangat interaktif dan sangat cocok dengan pembelajaran di kelas. Tentu saja, materi yang begitu menarik tidak mencukupi dengan waktu empat jam tersebut. Namun demikian, para narasumber mengharapkan, apa yang telah diberikan setidak-tidaknya dapat menjadi inspirasi buat Ompetir mengembangkan lebih baik lagi.

sumber : http://www.parepos.co.id/read/34817/42/ompetir-bertemu-pustekom--

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar FB

 
Komunitas Peduli TI Pendidikan Parepare © 2011 - Designed by Blogger Templates Gallery in collaboration with Life2Work